Sabtu, 19 Desember 2015

Mewaspadai Menstruasi Yang Tidak Normal

Mewaspadai Menstruasi Yang Tidak Normal

Mewaspadai Menstruasi Yang Tidak Normal - Sehat tidaknya keadaan datang bulan bisa jadi indikasi apakah sistem reproduksi Anda bekerja dengan baik atau tidak.

Mewaspadai Menstruasi Yang Tidak Normal

Mewaspadai Menstruasi Yang Tidak Normal - Biasanya periode menstruasi wanita yaitu 3-5 hari, sementara siklusnya berjalan sepanjang 28 hari. Namun saat menstruasi yang dihadapi setiap wanita mempunyai karakteristik masing-masing, sehingga susah untuk memastikan mana yang normal serta mana yang tidak. Sebagian wanita memang bisa alami periode menstruasi yang sangat singkat, sementara yang lain lebih panjang. Volume menstruasi sebagian wanita cukup banyak, tetapi yang lain juga ada yang lebih sedikit. 

Walau demikian, terdapat banyak keadaan yang harus diwaspadai oleh anda lantaran hal ini bisa jadi tanda-tanda adanya permasalahan kesehatan yang cukup serius.

Mewaspadai Keadaan Tertentu

Mendeteksi ada pergantian tertentu di saat menstruasi bisa memberikan indikasi kemungkinan masalah pada organ reproduksi. Di bawah ini yaitu beberapa kemungkinan perubahan yang bisa terjadi. 

1. Bila Volume Menstruasi Anda Semakin Banyak Dari Biasanya 

Biasanya wanita keluarkan volume menstruasi rata-rata 30-40 ml dalam satu bulan pada saat menstruasi. Tetapi sebagian wanita keluarkan sampai lebih dari 60 ml satu bulan. Keadaan ini dimaksud menoragia. 

Bila Anda sampai perlu mengganti pembalut nyaris setiap jam, maka Anda bisa digolongkan alami keadaan tersebut. Kehilangan banyak darah mengakibatkan tubuh anda kehilangan zat besi yang diperlukan untuk menghasilkan hemoglobin. Tanpa zat besi yang cukup, jumlah sel darah merah akan menyusut dengan signifikan hingga mengakibatkan anemia. Keadaan ini ditandai dengan beberapa gejala seperti kelelahan, pucat, serta napas pendek. 

Volume menstruasi yang lebih tinggi ini bisa dikarenakan beberapa hal seperti berikut : 

  1. Kehamilan yg tidak normal atau keguguran. 
  2. Pemakaian IUD (intrauterine piranti) atau spiral juga sebagai metode kontrasepsi. 
  3. Penyakit radang panggul 
  4. Masalah penggumpalan darah. 
  5. Kanker rahim. 
  6. Polip atau fibroid pada rahim. 
Kelebihan volume darah yang keluar bisa dikurangi dengan konsumsi kontrasepsi oral atau obat asam tranexamat yang bisa tingkatkan pembekuan darah. Tetapi bila volume menstruasi Anda semakin banyak dari umumnya, sebaiknya Anda selekasnya memeriksakan diri ke dokter. Bila sesudah konsumsi obat keadaan Anda tak juga lebih baik, dokter akan merekomendasikan untuk melakukan kontrol ultrasound (USG) untuk mengecek organ panggul.

2. Bila Menstruasi Anda Melambat Atau Bahkan Juga Berhenti 

Amenorea yaitu keadaan saat seseorang wanita berhenti alami menstruasi atau telah berusia 15 tahun namun belum pernah alami haid. Hal semacam ini dikarenakan penurunan produksi estrogen hingga frekuensi menstruasi jadi semakin jarang. Biasanya amenorea berlangsung secara natural pada sekitar umur 50-an tahun. Anda dalam masa menopause saat sudah 12 bulan berturut-turut tak alami menstruasi. 

Namun yang harus diwaspadai yaitu bila amenorea berlangsung saat sebelum umur 40. Pada umur ini, kemungkinan yang bisa jadi pemicu berhentinya menstruasi yaitu : 

  1. Anda tengah hamil
  2. Olahraga terlalu berat atau terus-terusan. Frekuensi serta intensitas berolahraga yang terlalu berlebih bisa merubah produksi serta kerja hormon reproduksi yang mengatur siklus menstruasi. 
  3. Alami gangguan pola makan seperti anoreksia nervosa. Terbatasnya kalori pada badan menghambat pelepasan hormon yang diperlukan dalam sistem ovulasi. 
  4. Kemungkinan pemicu lain yaitu dalam masa menyusui, obesitas, konsumsi kontrasepsi oral, masalah pada hipotalamus (sisi otak yang mengatur regulasi hormon reproduksi), masalah kelenjar tiroid, stres, masalah pada rahim, sindrom ovarium polisistik, ovarium yang berhenti berperan lebih awal serta masalah keseimbangan hormon lain. 

Selekasnya periksakan diri ke dokter bila menstruasi Anda berhenti, tak teratur, atau kerap terlambat dalam kurun waktu yang cukup panjang. 

3. Bila Anda Alami Nyeri Haid Yang Berlebihan 

Umumnya wanita alami kelelahan serta nyeri di saat menstruasi. Tetapi sebagian wanita rasakan nyeri yang lebih parah hingga membuat mereka tak dapat melakukan aktivitas seperti biasanya. Keadaan ini dimaksud dismenorea yang bisa dibarengi oleh beberapa gejala lain seperti mual, muntah, sakit kepala, nyeri pada punggung, serta diare. Nyeri terlalu berlebih saat haid ini bisa jadi tanda-tanda ada penyakit tertentu, seperti endometrosis serta fibroid. 

Obat-obatan antiinflamasi bisa dikonsumsi untuk mencegah produksi prostaglandin sebagai pemicu nyeri serta kurangi rasa sakit yang ditimbulkannya. Tetapi dianjurkan untuk memeriksakan diri ke dokter untuk memperoleh penaganan yang pas. Dokter Anda kemungkinan akan merekomendasikan tes pap smear, kontrol panggul, ultrasound, atau laparoskopi. 

4. Bila Anda Alami Pendarahan Diantara Saat Menstruasi 

Pendarahan diantara masa menstruasi baiknya secepatnya dibawa untuk mendeteksi kemungkinan adanya masalah, umpamanya luka pada vagina sampai penyakit yang lebih serius seperti kanker. 

Pada dasarnya Anda mesti selekasnya memeriksakan diri ke dokter bila : 

  1. Siklus menstruasi Anda kurang dari 21 hari atau kian lebih 35 hari. 
  2. Menstruasi Anda berjalan kian lebih dari 7 hari. 
  3. Alami pendarahan diantara saat menstruasi. 
  4. Alami nyeri yang tidak tertahankan waktu alami haid. 
  5. Perlu ganti pembalut sampai setiap satu jam sekali. 
  6. Anda sudah berhenti alami menstruasi sepanjang 12 bulan berturut-turut, namun kemudian alami haid kembali,
Memeriksakan diri sedini mungkin dapat membuat kemungkinan masalah yang diindikasikan dengan menstruasi tidak normal bisa selekasnya teratasi.


1 komentar:

  1. CERITA NYATA PENJUAL SAYUR JADI MILYADER"
    ------------------------------------------------------------------
    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
    Saya ibu kartini asal Surakarta, jawa tengah keseharian saya sibuk dengan berjualan sayuran di pasar, pada jam 04:00 wib subuh saya sudah berangkat ke pasar untuk berjualan dan ketika sampai di pasar tersebut saya sangat shock karna pasar tempat satu2nya saya mengaut rezeky ludes terbakar api, dengan insiden itu saya jatuh miskin rumah saya pasti akan di sita karna modal untuk beli lapak hasil dari kredit bank dengan jaminan sertifikat rumah saya, sebulan setelah musibah itu apa yang saya kwatirkan pun terjadi pihak dari bank datang untuk menagi Rp.120juta, namun saya meminta waktu 15 hari untuk mencari pinjaman dulu, saya mencari bantuan selama 7 hari tapi saya cuma mendapat pinjaman dari keluarga dan kerabat hanya 9juta, tentu belum cukup untuk bayar hutang, saya sudah putus asah bingung harus pinjam kemana lagi untuk mencari kekurangannya, singkat cerita ketika saya sedang berjalan saya bertemu teman semasa SMA dulu pakaiannya sangat bagus dan memakai perhisan yang sangat mencolok, saya pun menceritakan masalah yang tengah saya hadapi sekarang ini, dia tersenyum dan siap membantu saya itu yang teman saya katakan, saya pun di suruh mampir kerumahnya untuk mencerikan darimana kekayaan yang dia dapatkan, saya di beritahu klau semua masalah saya akan teratasi dengan bantuan paranormal, teman saya bercerita tentang kelebihan aky sadewa dalam menarik uang ghaib dan teman saya sudah di bantu oleh beliu dengan uang ghaib 3milyar dan dia gunakan untuk beli rumah dan buka usaha hingga dia sukses seperti sekarang ini, saya tidak pikir panjang setelah mendengar cerita dari teman saya langsung minta nomor aky sadewa dan menelpon beliu untuk meminta bantuan, setelah saya konsultasi aky langsung menjelaskan semua proses dan biaya ritualnya saya pun setuju dan siap untuk melaksanakan syaratnya karna ritual aky sadewa ritual islami tanpa tumbal, dan syarat utama untuk sukses harus menyedekahkan sebagian hasil uang ghaib itu, dengan modal uang hasil pinjaman yang saya dapatkan saya meminta aky sadewa untuk meritualkan penarikan uang ghaib 5 milyar setelah smuanya terlaksana aky sadewa meminta saya untuk membuka lemari di kamar saya dan ternyata lemari sudah terisi uang ghaib 5milyar alhamdulillah saya ucapakan puji syukur atas kekuasaan allah dengan adanya ritual islami aky sadewa hutang2 saya pasti lunas, terima kasih atas bantuannya aky semoga aky diberkahi allah amiin, kini saya tidak jualan di pasar lagi dengan hasil uang ghaib aky sadewa saya sudah punya toko swalayan lantai 2 jualan sayuran dan bahan kebutuhan rumah tangga, sukses dalam bisnis, rumah mewah mobil, perhiasan sudah saya dapatkan, Jika teman teman mau sukses dan kaya seprti saya dan teman saya jangan tunda lagi segera hubungi aki sadewa ahli ritual islami nyata tanpa gagal dan tumbal.
    ======================================
    AHLI RITUAL ISLAMI
    Nama: Aky Sadewa
    Nomor : 08 23 99 66 68 29
    Website: https://akysadewaritualislami.blogspot.co.id/

    BalasHapus