Kamis, 24 Desember 2015

Penyebab Darah Haid Sedikit Dan Tidak Lancar

Penyebab Darah Haid Sedikit Dan Tidak Lancar

Penyebab Darah Haid Sedikit Dan Tidak Lancar Menurut Dokter Serta Cara Mengatasinya 100% Di Jamin Ampuh.

Darah haid yang keluar saat seseorang wanita datang bulan tidak selamanya sama, terkadang jumlahnya sedikit, hanya berbentuk flek-flek cokelat yang selesai dalam 3 hari. Namun di bulan selanjutnya mungkin bisa saja menjadi banyak serta berbentuk gumpalan. Lalu apa penyebab sedikit banyaknya darah haid ? 

Penyebab Darah Haid Sedikit Dan Tidak Lancar
dr Irfan Mulyana Mustofa, SpOG, dokter spesialis kandungan dari RSUD Leuwiliang Bogor menuturkan bahwa masalah haid lantaran volume darah haid dibedakan menjadi dua, yakni hipomenorrhea serta hipermenorhhea. 

Hipomenorrhea berlangsung bila volume darah haidnya kurang dari 3 pembalut satu hari, sedang hipermenorhhea jika volume darah haidnya kian lebih 5 pembalut dalam satu hari. Walau demikian dalam perjalanannya, terminologi hipermenorrhea jadikan satu dengan menorrhagia, yakni bila lama haid lebih dari 7 hari atau volume darah haid kian lebih 80 cc ( 5 pembalut lebih dalam satu hari ). 

Adapun Penyebab Darah Haid Sedikit Seperti Berikut Ini : 

1. Pemicu Psikologis 

Pemicu psikologis itu bermacam. Dari mulai ketakutan yang berlebihan, kekhawatiran, hingga pada rasa jengkel yang teramat sangat. Keadaan jiwa memengaruhi keadaan fisik. Satu diantaranya bisa memberi perubahan pada sistem kontrol hormonal didalam tubuh. Individu dengan keadaan kejiwaan yang labil dapat tidak menstruasi atau biasa dimaksud dengan arti amenorrhea. 

2. Pemicu Fisik 

Pemicu fisik bisa dibagi menjadi fisik yang di pengaruhi oleh kondisi badan sesaat, seperti kelelahan. Kelelahan sebagaimana situasi jiwa yang labil bisa punya pengaruh pada sistem hormonal tubuh. Sekresi hormon yang berkenaan dengan manfaat seksual dapat alami perubahan, hingga darah haid yang keluar sedikit. 

Kelelahan sebagai pemicu darah haid sedikit itu umumnya bila dibarengi dengan kelelahan mental, jadi tak cuma capek fisik semata. Sebagai contohnya yaitu keletihan pada beberapa karyawan dengan beban kerja tinggi. Kelelahan itu biasanya dibarengi dengan keletihan psikis. 

3. Pemicu Fisik Disebabkan Penyakit 

Penyakit tertentu bisa menjadi pemicu terjadinya darah haid yang sedikit. Umpamanya ada kista atau tumor pada kandungan, ada permasalahan kelainan hormonal tubuh, rusaknya system organ reproduksi dan lain sebagainya. 

4. Kurang Tidur 

Permasalahan ini kelihatannya cukup sepele, tetapi bisa menyebabkan kurang baik pada siklus hormonal dalam tubuh yang terkait dengan menstruasi. 

5. Penyebab Alat KB 

Nyatanya alat kb bisa memengaruhi system reproduksi serta darah haid yang keluar. Alat KB yang punya pengaruh tak mesti yang berbentuk hormonal, tetapi Intra Uterine Piranti (IUD) juga punya pengaruh. 

Demikian artikel tentang penyebab darah haid sedikit dan tidak lancar, mudah-mudahan bisa jadikan bahan referensi yang berguna bagi anda para ladiess.. :D

1 komentar: